Program PKTD Perkuat Sinergitas Antar Masyarakat

Kajen – Padat Karya Tunai Desa (PKTD) merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Program ini telah direalisasikan dengan bersih-bersih Blumbang (kolam) Sarean dan dua lokasi pekuburan di Desa Kajen, pada Minggu (12/09/2021)

“Kegiatan ini meliputi bersih bersih Blumbang, makam sarean, dan makam kesambi,” kata Kepala Desa (Kades) Desa Kajen, Muhammad Ibnu Khoidar.

Selain itu, kegiatan ini dapat bermanfaat untuk menjaga kebersihan. Ditambah lagi, masyarakat bisa merasakan langsung anggaran dana desa.

“Buat pemeliharaan dan kebersihan, serta masyarakat juga bisa menyerap anggaran dana desa secara langsung,” ungkapnya.

Terkait masyarakat yang terlibat, lanjut ia, menjelaskan bahwa kegiatan ini meliputi perwakilan dari semua RT di Desa Kajen sehingga dapat meningkatkan rasa kebersamaan (sinergitas) antar masyarakat.

“Masyarakat yang terlibat dalam hal ini meliputi perwakilan dari semua RT, secara otomatis bisa meningkatkan rasa kebersamaan,” pungkasnya.

(Tim KKN-IK IAIN KUDUS Desa Kajen)

About Aem Al-Khajainy 11 Articles
Kajen Rt 5 Rw 1 Cp; 082323582225

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan