Pemdes Kajen Adakan Program Posbindu Kepada Masyarakat secara Gratis


Kajen – Pemerintah Desa Kajen mengadakan Program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) di Balai Desa Kajen, program ini bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam pencegahan dan penemuan penyakit tidak menular masyarakat seperti diabetes. Bekerjasama dengan Puskesmas Margoyoso I yang menyasar semua masyarakat antara usia 15-59 tahun, dilaksanakan pukul 09:00-11:00 pada hari Rabu (08/09/2021).

Ketua Pelaksana POSBINDU, Musti’ah (42) mengatakan, Program Posbindu ini dari pemerintah yang dilaksanakan di setiap desa. Terkait anggarannya, masing-masing disesuaikan dengan dana desa. Sedangkan untuk Desa Kajen sendiri tidak dipungut biaya, persyaratannya cukup membawa KTP.
“Sosialisasinya lewat grup WhatsApp (WA) dan yang ikut alhamdulillah cukup banyak,” katanya.

Lanjutnya, terkait konsumsi PMT (Pemberian Makanan Tambahan) diberi jatah 50 kuota yang berisi makanan ringan. Namun dalam pelaksanaannya, tidak ada kendala kekurangan karena masyarakat yang datang sesuai jumlah yang telah disiapkan.
“Misalkan kurang, kita bisa carikan lagi (tambahan) makanan ringannya” katanya.

Sementara itu, Sri Wahyuni (48), masyarakat Desa Kajen yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, memberikan tanggapan yang positif. Karena tidak perlu jauh-jauh ke puskesmas untuk mengecek kesehatan dan juga persyaratannya yang cukup mudah.
“Hanya cukup pergi ke Balai Desa dengan hanya membawa KTP kita sudah diperiksa, diantaranya tensi darah, tinggi badan, glukosa, berat badan, dan yang lainnya,” ungkapnya.

(Tim KKN-IK IAIN Kudus Desa Kajen)

About Aem Al-Khajainy 11 Articles
Kajen Rt 5 Rw 1 Cp; 082323582225

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan